Jumat, 20 April 2012

taukah kamu negara terkecil di dunia

negara vatikan
 

VATIKAN adalah negara di dalam negara. Terletak di area barat laut kota Roma, Italia, Vatikan memiliki otoritas sebagai negara berdaulat. Area Vatikan selalu dianggap sebagai area suci bagi warga Katolik. Salah satu rasul Yesus Kristus yaitu Santo Petrus, dipercaya dimakamkan di area Vatikan, tepatnya di bawah altar Gereja Basilika Santo Petrus.

Perjanjian Lateran pada tahun 1929 kemudian mengakui Vatikan sebagai negara berdaulat dan independen, dengan status istimewa berdasarkan agama Katolik. Layaknya negara, Vatikan memiliki pimpinan tertinggi yaitu Paus. Kepala negara Vatikan ditetapkan dalam pemilihan oleh Dewan Kardinal.

Selain itu, layaknya negara berdaulat, Vatikan memiliki hak untuk mengirim dan menerima diplomat. Namun kedutaan besar untuk Vatikan tetap berada di Roma karena area Vatikan hanya kurang dari setengah kilometer persegi.

Meskipun merupakan negara, tidak sulit bagi turis untuk mengunjungi Vatikan. Anda tidak perlu menyiapkan paspor ataupun visa karena sebagian area Vatikan dibuka untuk umum. Mulai dari Museum Vatikan, Sistine Chapel hingga Basilika Santo Petrus dikunjungi lebih dari 4 juta orang per tahunnya.

Siapkan dana 15 Euro atau sekitar Rp180 ribu, Anda sudah bisa membeli tiket untuk mengelilingi Vatikan ditemani tour guide yang akan memberi berbagai informasi menarik. Apapun agama Anda, tidak ada salahnya berkunjung ke pusat agama Katolik Roma ini untuk mengagumi keindahan seni dan bangunan dengan cerita sejarah yang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar